Saturday, January 7, 2012

Perbedaan Blog dan Website

Mungkin para blogger yang selama ini ngeblog mungkin tidak terlalu memperhatikan hal yang satu ini yaitu apa Perbedaan Blog dan Website, karena sebetulnya ada lho Perbedaan antara Blog dan Website itu, Nah untuk jelasnya silakan baca keterangannya di bawah menurut bahasa seorang blogger newbi.

Keterangan ini merupakan kebalikan dari website.

- Blog mempunyai artikel yang diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan. Hal ini merupakan warisan dari aspek jurnal / diary online untuk blog. Sebelum menjadi bentuk yang sekarang ini, blog merupakan online diary, tempat publisher memajang aktifitasnya. Dan diary, sudah barang tentu diurutkan berdasarkan urutan waktu.

- Blog sangat Mudah dalam menulis artikel yang baru, dan biasanya blog mempunyai “dashboard”/back-end untuk mengatur artikel yang mudah digunakan, oleh pengguna internet awam sekalipun. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.

- Artikel di blog dapat diupdate secara rutin dan dalam hal ini, untuk sebuah blog yang dirawat dengan baik. Jika hal ini dapat dijalankan bisa membuat pengunjung selalu kembali untuk mendapatkan berita terbaru dari blog anda.

- Memungkinkan para pengunjung untuk meninggalkan komentar,Hal ini menciptakan banyak perbedaan. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana.

Dan yang membuat perbedaan yang mencolok adalah wadah percakapan. Berkaitan dengan semua poin diatas. Blog bukan hanya sedekedar memberikan informasi pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.

Jika penjelasan tersebut di atas kurang tepat maafkan saja, karena itu merupakan pendapat pribadi dari seorang blogger newbi.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►