Monday, January 16, 2012

Wanita: Apakah Saya Kecanduan Seks?

Seks adalah kegiatan paling menyenangkan bagi semua orang normal, tidak sedikit baik pria dan wanita bisa kecanduan terhadap yang namanya SEX.

Untuk laki-laki biasanya mudah mengungkapkannya, tapi berbeda jika kecanduan seks ini tejadi pada wanita, tidak banyak wanita yang mau mengakui dan meminta bantuan ketika memiliki masalah kecanduan seks, dengan alasan sebagian besar merasa malu.

Keengganan wanita untuk mengakui masalahnya tersebut juga disebabkan karena adanya prasangka bahwa wanita dengan problema tersebut bukan wanita baik-baik.

Prejudice inilah yang membuat wanita terus didera rasa malu sehingga enggan untuk minta bantuan ahli. Padahal kenyataannya masalah kecanduan seks ini bukan hanya dialami oleh mereka yang bekerja sebagai pekerja seks. Wanita biasa seperti ibu rumah tangga atau wanita yang pernah mengalami pengalaman seks tidak menyenangkan sehingga membuatnya kecanduan juga bisa memiliki masalah serupa.

Di Amerika banyak wanita yang mengalami kecanduan seks, namun menurut The Sexual Recovery Institute, cuma sekitar 8-12% saja yang mau meminta bantuan untuk mengatasi masalah kecanduannya. Mereka yang enggan meminta bantuan ahli ini biasanya tidak mau mengakui dan lebih suka menggunakan kalimat seperti 'aku punya masalah dalam percintaan' atau 'aku memilih pasangan yang salah'. 


Jika di negeri barat saja malu mengakui apalagi di negeri timur, yang kenyataannya masih banyak orang mengganggap SEX adalah hal yang tabu. Nah untuk membantu anda yang mungkin bertanya-tanya apakah saya sudah kecanduan seks atau tidak?, daftar pertanyaan berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk menjawab pertanyaan tersebut!
  1. Apakah Anda merasa hidup Anda sulit diatur karena ketergantungan Anda pada seks?
  2. Apakah Anda merasa sulit berhenti atau memutuskan hubungan dengan seseorang padahal Anda tahu orang tersebut bisa membahayakan?
  3. Apakah Anda tidak ingin orang lain tahu tentang masalah seksual Anda, termasuk keluarga dan terapis sekalipun?
  4. Apakah Anda jadi merasa 'melayang ketika melakukan aktivitas seks dan kesakitan saat aktivitas itu tak lagi dilakukan?
  5. Apakah Anda pernah bercinta di waktu yang tidak tepat, tempat tidak pantas atau dengan orang yang salah?
  6. Apakah Anda sudah membuat komitmen terkait masalah seksual Anda tapi ternyata Anda tidak bisa menepatinya?
  7. Apakah Anda pernah bercinta dengan orang yang sebenarnya tidak ingin Anda lakukan hubungan tersebut dengannya?
  8. Apakah Anda merasa seharusnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam hidup ini seandainya saja Anda tidak dikendalikan oleh seks?
  9. Apakah Anda putus asa dalam mencari cinta atau pasangan?
  10. Apakah Anda tidak merasa hidup kecuali saat berhubungan seks?
  11. Apakah Anda merasa hidup tidak berarti tanpa cinta atau seks? Apakah Anda merasa tidak memiliki identitas ketika tidak bersama orang yang Anda cintai?
  12. Apakah Anda pernah tiba-tiba saja merayu seseorang secara seksual padahal sebenarnya tidak bermaksud melakukan hal itu?
Catatan: bagi Anda yang merasa kecanduan seks, jangan takut untuk minta bantuan atau konsultasi dengan ahli terkait. Karena bagaimanapun juga masalah kecanduan seks ini bisa menyebabkan hal-hal negatif yang akan merugikan diri anda sendiri.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►